Tuesday, March 7, 2017

Memperbaiki Citra Landsat 7 Yang Rusak Menggunakan GAPFILL

Pada citra landsat 7 terdapat beberapa citra yang mengalami kerusakan perekaman, sehingga pada beberapa bagian terdapat kekosongan. Terdapat berbagai cara untuk memperbaiki citra tersebut salah satunya menggunakan GAPFIIL. Gapfill ini tidak terlalu berat karna portable, prosesnya cukup mudah namun memakan waktu yang cukup lama. klik disini untuk mendownload. Berikut langkah Gapfill citra;



1.     Buka citra yang akan di gapfil, siapkan beberapa citra yang akan di gunakan untuk mengisi kekosongan citra utama, di harapkan menggunakan citra dengan tahun yang sama dan bulan yang berdekatan. Sebelum memilih ZOOM citra dan periksa terlebih dahulu setiap citra apakah sesuai untuk mengisisi kekosongan karna prosesnya yang cukup lama sehingga anda tidak membuang waktu dengan sia-sia.  
contoh citra yang rusak
2.     Buka GAPFILL dengan tampilan seperti ini


Folder ANCHOR tempat citra utama dan hasil citra yang telah tergapfil, 
Folder Scene 1, 2, 3 tempat citra cadangan sebagai pengisi utama. pengunaan berapa citra sesuai kebutuhan lahan yang akan anda klasifikasi, saya sendiri hanya menggunakan satu fill karna lahan yang akan di gunakan relatif sempit.


3.    Buka sofware GAPFILL yang berada dalam folder  frame and fill sofware


lowbate lanjut besok.....

No comments:

Post a Comment